4 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol yang Efektif

4 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol yang Efektif

Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam tubuh. Kolesterol yang terdapat dalam tubuh ada 2 yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesterol jahat biasanya disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini cara menurunkan kadar kolesterol yang efektif dan bisa Anda lakukan tanpa mengonsumsi obat.

  1. Memperhatikan Pola Makan

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara mudah yang Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Anda harus memilih makanan yang tepat  untuk menjaga kesehatan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi, rendah lemak, rendah karbohidrat, rendah kolesterol seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak.

Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang, kentang, wortel, jeruk, anggur dan bayam. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dalam sehari disarankan mengonsumsi kalium sekitar 4500-4700 mg. Anda juga perlu memperhatikan kadar garam dalam makanan yang Anda konsumsi.

Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki hipertensi disarankan untuk melakukan diet rendah garam. Untuk menurunkan kolesterol disarankan Anda tidak mengonsumsi makanan berlemak. Lemak adalah musuh bagi pengidap kolesterol, maka dari itu hindari makanan yang digoreng.

Selain itu, untuk menurunkan kolesterol disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3. Omega 3 dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga trigliserida di dalam darah. Omega 3 dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon, mackerel, tuna, sarden dan kacang kenari.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga juga dapat menurunkan kolesterol tanpa obat. Orang yang memiliki berat badan berlebih juga dapat melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Namun, dalam memilih jenis olahraga Anda harus berhati-hati.

Kolesterol tinggi akan menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darahnya. Jika Anda memilih jenis olahraga yang berat dapat membuat plak di pembuluh darah terlepas dan terbawa di aliran darah. Hal ini sangat berbahaya karena apabila pembuluh darah pecah di otak dapat menyebabkan stroke, dan apabila pecah di jantung bisa menyebabkan serangan jantung.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok memang dapat mengganggu kesehatan kita, salah satunya adalah menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya untuk berhenti agar tubuh menjadi lebih sehat.

Jika Anda sering mengonsumsi alkohol, Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi alkohol atau lebih baik berhenti. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu kenaikan tekanan darah tinggi.

  1. Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan agar tetap ideal juga kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Orang yang memiliki berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda dapat melakukan olahraga untuk membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya untuk menurunkan berat badan olahraga juga terbukti untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang. Lakukan secara rutin setiap hari.

Itulah beberapa cara menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda harus mengimbangi makanan sehat dan pola hidup yang sehat agar kolesterol tidak meningkat. Jika Anda mengalami keluhan-keluhan segera konsultasikan kepada dokter.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *